Mengatasi Pipa PVC Bocor, Bisa Dilakukan Sendiri LO!

     Meski kemungkinannya sangat kecil, pipa PVC juga bisa bocor. Kebocoran pada pipa PVC terutama disebabkan oleh kualitas material yang buruk, pemasangan yang tidak tepat atau benturan langsung pada pipa PVC. Akibatnya, pipa PVC menjadi korban. Pipa PVC yang menopang drainase rumah Anda mengalami kebocoran serius yang membasahi permukaan sekitarnya. Anda harus menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin. Jangan biarkan rumah Anda rusak akibat pipa PVC bocor.

     Selain berpotensi merusak tampilan rumah Anda karena noda air yang ditimbulkannya, kebocoran pada pipa PVC juga dapat memicu tumbuhnya jamur. Selain itu, lama kelamaan cat bisa terkelupas jika dinding selalu basah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk memperbaiki pipa PVC bocor dengan menyegelnya. Tapi apakah pipa PVC yang bocor itu masih bisa diperbaiki? Jawabannya bisa ya atau tidak tergantung kasus kebocorannya. Pertama, Anda perlu memeriksa kebocoran yang terjadi pada pipa PVC.

Baca Juga ; Tips & Trik merawat rumah agar tetap aman dan nyaman

     Lantas, bagaimana sih caranya menambal pipa PVC yang sudah mengalami kebocoran? Gampang banget kok sebenarnya. Bahkan Anda pun bisa mengerjakannya sendiri loh. Berikut ini panduan dari kami yang dapat akan membantu Anda dalam memperbaiki pipa PVC yang bocor!

ALAT DAN BAHAN :

  1. Denah pemipaan 
  2. Lakban PVC
  3. Lem PVC
  4. Pipa PVC

Langkah-Langkah : 

      Seringkali, arsitek yang membangun desain rumah Anda akan menggunakan denah perpipaan saat merancang jalur instalasi air bersih dan kotor. Denah ini tidak hanya dapat digunakan untuk menentukan jenis pemasangan pipa PVC, tetapi juga dapat digunakan untuk mendeteksi titik rawan kebocoran pada saat pemasangan pipa. Jika Anda kesulitan merencanakan pemasangan pipa PVC Anda, coba konsultasikan langsung dengan arsiteknya karena mungkin masih ingat dengan rencana tersebut.

       Cari tahu di mana letak titik kebocoran air yang sebenarnya selama pemasangan pipa PVC rumah Anda. Pekerjaan ini memang cukup kompleks dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Namun mau tidak mau mencari tahu bagian pipa PVC bocor. Normalnya, kondisi dinding akan lembab akibat rembesan air dari kebocoran pipa-pipa PVC yang terjadi di dalamnya. Setelah ditemukan, tandai titik tersebut dengan pensil. Baru setelah itu Anda dapat membongkar dinding dengan palu dan bor listrik.
 

Berikut Beberapa solusi mengatsi pipa PVC yang bocor : 

  1. Perhatikan kondisi pipa PVC tersebut dengan seksama. Jika bagian pipa yang bocor terletak pada sambungannya, maka Anda dapat melepas sambungan tersebut dan menggantinya dengan pipa yang baru. Jangan lupa untuk melapisi bagian permukaan sambungan pipa pvc yang berulir memakai sealtape supaya ikatannya menjadi lebih kuat dan kencang. Sehingga risiko terjadinya kebocoran lagi pada bagian sambungan tersebut pun dapat diminimalisir.
  2. Sementara itu, jika bagian pipa PVC yang bocor adalah sambungan yang tidak mempunyai drat, maka Anda bisa langsung merapatkan sambungannya memakai lem PVC. Setelah Anda berhasil melepaskan sambungan pipa yang lama, oleskan lem ini secukupnya ke permukaan pipa. Lantas pasanglah kembali pipa PVC dan sambungan tersebut dengan benar. Tahanlah posisinya selama beberapa saat sampai lapisan lemnya benar-benar mengering.
  3. Begitu pula jika bagian yang bocor adalah badan pipa. Anda dapat mengandalkan lem PVC untuk menambalnya kembali asalkan kerusakannya hanya berupa keretakan saja. Sedangkan bila pipa PVC tadi sudah berlubang, maka tidak dapat ditambal dengan lem karena lapisan lem tidak akan mampu menahan kuatnya aliran air. Jadi solusinya, Anda harus memotong jalur pipa yang bocor tadi. Kemudian menggantinya dengan pipa PVC yang baru.
 Proses perbaikan saat pipa PVC bocor memang sangat sulit dan rumit. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbaikinya tidaklah sedikit. Apalagi jika posisi pipa bermasalah jauh di dinding rumah, pekerjaan ini akan semakin merepotkan Anda. Untuk meminimalkan kemungkinan pipa bocor, sebaiknya sejak awal Anda merancang pipa PVC dan perlengkapan air di rumah Anda dengan sambungan sesedikit mungkin. Mengapa? Karena titik sambungan ini paling rawan bocor.
Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

ARTIKEL TERBARU

Faizal Thoriq M

Faizal Thoriq M

Editor At Horizon Group.

Hesti Septyana

Hesti Septyana

Copywriting At Horizon Group.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *