Hal-Hal Yang Penting Diperhatikan Dalam Mambangun Indekos

Bisa dibilang bisnis indekos itu tidak mudah. Apalagi bagi pemula, tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Selain itu, modal komersial hostel relatif besar. Selain itu, bisnis ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Diperlukan perhitungan yang cermat dan manajemen yang baik agar tidak merugi. Nah bagi anda yang ingin memulai bisnis properti ini, berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti. 

Tentukan Lokasi yang Tepat

Semakin ramai lokasi bisnis, semakin tinggi pula kemungkinan passive income, sehingga Anda perlu menentukan lokasi yang tepat saat ingin mendirikan kamar motel.

Lokasi yang dekat dengan pekerjaan umum seperti perkantoran, kampus, sekolah, pusat lalu lintas adalah pilihan yang cocok. 

Terapkan Konsep yang Unik

Akhir-akhir ini, banyak indekos yang menawarkan desain kamar kosan dengan konsep yang unik dan kekinian.

Jika ingin usaha kosanmu jadi incaran, kamu bisa renovasi atau bikin kos-kosan dengan gaya tertentu, seperti minimalis atau industrial.

Kedua gaya ini terbilang “happening,” sehingga diminati banyak orang.

Fasilitas Lengkap

Selain lokasi, kecukupan fasilitas merupakan aspek lain yang menjadi pertimbangan banyak orang saat memilih Indekos. Meski hanya hunian sementara, pensiun harus memiliki fasilitas yang mumpuni agar penghuninya betah. Anda dapat menyediakan fasilitas seperti kamar mandi pribadi, AC, WiFi, parkir yang luas, CCTV, dapur bersama, dll. 

Kebersihan Indekos

Kenyamanan penghuni indekos dapat dicapai dengan hanya menjaga kebersihan. Tinggal di asrama yang selalu bersih dan nyaman bagi penghuninya, siapa sih yang tidak suka? Karena itu, lebih baik mempekerjakan orang yang bertanggung jawab menjaga kebersihan dan penjaga keamanan. 

Menentukan Harga Sewa

Setelah mengetahui apa saja strategi yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis kos-kosan, saatnya mulai pasang harga sewa.

Kamu bisa melakukan riset untuk menentukan harga sewa yang tepat, seperti harga rata-rata dan fasilitas yang dimiliki kompetitor.

Jika kosanmu memiliki berbagai keunggulan dibandingkan pesaing, kamu bisa mematok harga sewa lebih tinggi.

Intinya, jangan asal menentukan harga sewa kos sebelum melakukan riset dan membandingkannya dengan kosan di sekitar. 

Menentukan Strategi Promosi

Pemasaran menjadi hal krusial dalam bisnis. Agar usahamu dikenal dan diketahui banyak orang, kamu wajib memasarkannya.

Saat ini ada banyak media pemasaran yang bisa dimanfaatkan, seperti media sosial Selain itu, kamu juga bisa memberikan sejumlah promo sebagai pemanis dalam pemasaran yang dilakukan.

Patut diketahui, promosi penting dilakukan meski kamu menjalani usaha kos-kosan sederhana.

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *