Tips Merawat Ac Rumahmu Agar Berumur Panjang!

Pernahkah Anda merasa frustasi karena sudah menyetel AC ke suhu paling rendah namun udara di dalam ruangan masih panas? Penyebabnya mungkin AC Anda sudah tidak terawat. Akibatnya, perawatan yang kurang maksimal menyebabkan performa AC menurun dan tidak dingin lagi.

Hampir bisa dipastikan AC sudah tidak dingin lagi karena bagian unit AC yang kotor. AC yang kotor ini tidak hanya mengurangi efisiensi pengoperasian, tetapi juga meningkatkan konsumsi listrik hingga 30%. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Jadi biasakan merawat AC Anda secara rutin, baik secara mandiri atau dengan memanggil tenaga profesional. Lalu, perawatan apa yang bisa dilakukan agar AC Anda tetap dingin seperti baru dipasang? Ikuti langkah-langkah di bawah ini OK! 

Bersihkan Panel Unit Indoor Ac

Sisihkan waktu seminggu sekali untuk membersihkan panel bagian dalam AC yang Anda miliki. Tidak jarang debu yang menempel di dashboard semakin banyak sehingga membuat udara di dalam AC menjadi lebih sejuk. Hal ini dikarenakan udara dari AC telah bercampur dengan debu dari control panel unit. Pembersihan rutin AC indoor unit control panel tidak hanya efektif membuat AC tampak seperti baru dari segi hembusan udara yang dihasilkan, tetapi juga dari tampilannya. 

Rutin Mencuci dan Mengelap Filter AC

Filter AC yang kotor adalah penyebab paling umum AC tidak dingin. Anda juga bisa membersihkan filter AC secara mandiri, minimal seminggu sekali. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka panel depan unit AC, lalu melepas filter udara dari tempatnya. Bilas filter di bawah air mengalir untuk menghilangkan debu. Kemudian, bersihkan filter sebelum memasukkannya kembali ke dalam unit AC.

Baca Juga : Alasan membangun rumha impian dengan horizon group kontraktor

Pelihara Rutin Oleh Teknisi

Ada bagian perawatan yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Namun, ada juga merawat AC yang harus dipercayakan kepada teknisi profesional. Misalnya, bersihkan seluruh bagian unit AC, baik unit indoor maupun outdoor, untuk mengecek tekanan freon.

Sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap tiga bulan sekali. Inspeksi rutin dapat membantu AC Anda tetap beroperasi selama bertahun-tahun dengan kualitas udara yang bersih. 

Periksa Mesin Secara Berkala

AC juga tidak bisa lepas dari perawatan jika ingin AC selalu berfungsi dengan baik dan tahan lama. Tidak dapat dipungkiri, semakin sering digunakan maka mesin perangkat elektronik akan semakin aus dan tidak terkecuali AC. Oleh karena itu, biasakan saat melakukan perawatan oleh tenaga profesional, mesin AC juga ikut diperiksa. Pastikan AC Anda dalam kondisi baik agar tidak ada penurunan performa. 

Biasakan Memakai Timer

Menjalankan AC seharian dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkannya. Hal ini juga dapat meningkatkan tagihan listrik Anda. Namun, akan ada saatnya Anda lupa mematikan listrik AC, mungkin karena sedang terburu-buru atau tidak sadar listrik AC masih tersedia. Oleh karena itu, penting untuk memahami pengaturan timer AC agar mati secara otomatis. 

Hindari Suhu Terlalu Rendah

Mengatur suhu AC secara tepat merupakan bagian dari perawatan AC supaya tahan lama dan senantiasa sejuk. Lalu, berapa suhu AC yang biasa kamu pasang?

Memasang suhu AC yang ideal adalah minimal 22 derajat Celsius dan tidak lebih rendah lagi. Hal ini karena semakin rendah suhu AC yang kamu pasang, semakin cepat panas pula mesin dari produk elektronik ini sehingga lama-kelamaan akan mempengaruhi performa AC jadi menurun.

Inilah beberapa tips dalam merawat ac rumahmu agar tahan lama dan terhindar dari kerusakan fatal, sehingga ac rumahmu bisa awet sampai bertahun-tahun, semoga bermanfaat, salam horizon group kontraktor. 

 

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *