Yuk cari Tahu Jenis Besi Bangunan yg Sering Digunakan

Pembangunan suatu bangunan membutuhkan pondasi atau elemen pendukung yang kokoh. Ini juga menyangkut keamanan dan usia bangunan. Berbagai jenis besi bangunan yang tersedia memiliki fungsinya masing-masing dalam konstruksi bangunan. Elemen yang cukup penting dalam konstruksi harus ditempatkan dan berfungsi dengan baik agar bangunan dapat berdiri.

Apapun fungsinya berbeda dalam satu gedung. Berat jenis besi juga berubah. Tidak semua besi memiliki bobot yang besar, lho! Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis besi bangunan. 

Ingin tahu lebih banyak tentang bahan baku yang umum digunakan dalam dunia konstruksi? Yuk, cari tahu jenis besi apa saja yang sering digunakan untuk membangun gedung dan rumah!

Besi Hollow

Besi Hollow menjadi bahan besi bangunan pertama yang sering kita dengar. Besi segi empat ini tergolong besi ringan dengan berbagai fungsi di perumahan. Mulai dari bahan pembuatan pagar rumah, furniture, pipa gas, hingga pembuatan railing tangga. Apalagi jika rumah bertema industrial, besi hollow adalah material yang paling banyak dicari. Besi jenis ini juga anti rayap dan tahan api, geng. 

Besi Wiremesh

Bermacam-macam jenis besi bangunan yang tersedia di pasaran memang sangat beragam. Bila Pins tidak mengetahui fungsinya, jangan coba-coba asal membelinya ya! Salah satu contohnya adalah besi wiremesh. Besi satu ini berbentuk unik layaknya sebuah anyaman dengan mayoritas bahannya dibuat dari kawat yang cukup tebal. Kotak-kotak lembaran yang dijual bisa berfungsi sebagai penguat dak beton dalam pembangunan. Berat jenis besi yang cenderung ringan membuatnya layak menjadi pilihan terbaik pada penguat pagar beton di rumah. 

Besi Plat

Jika Anda sering melihat besi dalam bentuk lempengan, berarti Anda melihat melihat jenis besi plat. Ini adalah lembaran peregangan yang bisa dibentuk. Sebagian besar pelat besi terbuat dari baja yang digunakan sebagai bahan dasar perkakas. Anda bisa melihat hasil akhirnya pada beberapa peralatan rumah tangga dan plat nomor mobil yang biasanya dipasang sebagai informasi nomor kendaraan.

Besi Beton

Lanjut membahas besi yang berguna sebagai rangka sebuah hunian. Besi beton mampu menopang pondasi hunian yang terbilang berskala kecil. Beton bertulang ini, memiliki dua jenis. Pertama besi ulir (diformed bar) dan besi polos (plain bar). Besi ulir terbukti menjadi material tulang bangunan yang lebih kuat dibanding besi polos, dikarenakan besi tersebut melalui proses rol pada permukaan sehingga daya ikat jauh lebih baik. Macam-macam besi beton ini mampu menahan tekanan yang cukup besar sehingga bangunan lebih tahan lama.

Baca  juga : Hal Penting Ketika Mau Bangun Rumah

Pipa Besi

Untuk besi yang satu ini, Anda mungkin sudah sering melihatnya bukan? Pipa besi tersebut berfungsi sebagai penyalur bahan tambang yang mudah terbakar. Diantaranya adalah minyak dan gas. Bentuknya bulat seperti tabung, dengan bahan baku baja. Warna hitam yang khas untuk pipa besi ini juga bisa digunakan pada konstruksi kebutuhan lain di dalam rumah. Seperti teralis, rangka plafon hingga tiang lampu

Besi Siku

Nah, untuk besi bangunan ini cukup variatif. Bentuknya yang unik menyerupai segitiga persegi tanpa tutup dan sangat berguna untuk keperluan material rumah. Mulai dari jaring jendela, kusen pintu, rak besi, hingga struktur menara tangki air. Bobot spesifik besi ini tergolong ringan namun memiliki ketahanan yang kuat dengan sudut kemiringan sekitar 90 derajat.

Besi Kontruksi H-Beam

Varian besi jenis h-beam mungkin terdengar tidak familiar, namun bila melihat rupanya pasti anda akan langsung mengetahuinya. Banyak digunakan pada konstruksi dalam skala besar, besi h-beam memiliki bentuk menyerupai huruf H. Kamu akan menemukan pada konstruksi pembangunan jembatan maupun proyek-proyek gedung tingkat tinggi. Besi penahan struktur bangunan ini pun bisa kamu gunakan pada gaya rumah industrial lho!

Besi CNP

Menyerupai huruf C, besi CNP merupakan material hasil pabrik yang dibentuk dari bahan plat koil dengan metode cutting dan banding. Macam-macam besi yang memang khusus dibuat untuk konstruksi bangunan ini harus jeli dalam penggunaan. Besi CNP pun selain digunakan sebagai rangka atap bangunan juga dapat digunakan sebagai material bahan pada pabrik otomotif maupun industri.

Besi UNP

Varian besi lainnya disebut besi UNP. Setrika ini berbentuk U dan memenuhi standar Eropa. Besi UNP berfungsi sebagai penyambung bangunan dan atap bangunan. Untuk daya tahannya tidak perlu diragukan lagi. Yang satu ini ampuh karena produksinya melalui tahapan teknologi yang agak rumit. Selain digunakan untuk keperluan konstruksi, besi UNP juga biasa digunakan dalam pembuatan gardu listrik dan penampung limbah.

Inilah beberapa jenis besi bangunan yang sering digunakan dan kita temui ketika ada pembangunan rumah atau yang lainnya. Yuk jika menurutmu ada yang kurang bisa tulis dikomentar ya. 

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *