Tips Memilih Furniture Rumah Terbaik Sesuai Konsep Interior Kamu

Pemilihan akan peralatan furniture untuk menghiasi interior rumah akan sangat berpengaruh dalam membuat suasana rumah semakin hidup. Apalagi interior yang memiliki konsep sesuai dengan selera dan cerminan dari diri kamu sendiri.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak konsep unik yang berkembang dalam seni bidang interior ini, dengan beberapa konsep yang saat ini paling banyak digemari seperti modern, minimalist hingga classic-modern.

Lalu bagaimana cara memilih design interior terbaik sesuai dengan apa yang kamu inginkan? Yuk kita mulai dari hal sederhana, seperti perabotan, konsep design hingga pemilihan bahan material.

  1. Perhatikan Skala Ruang Sebagai Dasar Memilih Ukuran Furniture

Tidak sedikit orang yang tidak memahami konsep merancang sebuah ruangan yang tidak tahu bagaimana memilih furniture sesuai dengan ukuran ruangan.

Misal, luas ruangan adalah 44 meter, lalu Anda ingin menginstal sofa yang ukuran 4 meter. Sebenarnya, ada meja yang harus dimasukkan ke dalam ruang itu, sehingga membuat ruangan terlihat sempit.

Selalu perhitungkan perabotan dan luas ruangan, sehingga dapat menghasilkan ruangan yang estetis menyenangkan dan mudah di bersihkan.

  1. Sesuaikan konsep ruangan

Saat ini, banyak konsep desain interior yang tersedia di pasar. Dari model classic, minimalist, classic-modern dan banyak lagi. Setiap konsep juga memiliki bentuk furniture dan suasana kamar yang berbeda.

Jika Anda ingin ruangan terlihat asri, Anda dapat memilih jenis furniture bergaya klasik, seperti kayu dan ukiran. Jika Anda ingin ruangan terlihat detail yang bersih dan luas, Anda dapat memilih jenis furniture minimalis.

Silahkan Anda ketahui terlebih dahulu keinginan dan konsep desain yang Anda inginkan. Sehingga Anda dapat memilih furniture yang sesuai dengan konsep desain interior rumah Anda. Dalam melakukannya, lebih mudah untuk fokus pada pemilihan furniture.

  1. Budget

Tips berikutnya dalam memilih furniture adalah sesuaikan dengan budget Anda. Misalnya, Anda mendahulukan membeli sofa yang mahal dan malah membuat Anda membeli tempat tidur yang murah.

Bahkan jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di sofa, tidak ada salahnya berinvestasi lebih banyak untuk kenyamanan istirahat, bukan?

Memilih bahan furniture bisa sangat teknis. Orang awam biasa tidak mengerti jenis bahan material papan kayu apa yang mudah hancur apabila terkena air. Selain mengerti bahan material, Anda juga harus memilih furniture yang sesuai dengan konsep desain interior rumah Anda.

Gaya minimalis akan jauh lebih baik untuk menggunakan bahan furniture yang terbuat dari aluminium dan kayu besi, elemen material tersebut dapat membuat ruangan terlihat lebih hangat.

  1. Memilih Warna

Pilihan warna juga harus diperhitungkan saat memilih furniture. Sesuaikan warna furniture dengan tema warna setiap ruangan.

Untuk pemilihan warna, Anda perlu mencari yang cocok dan tidak berbenturan dengan kondisi ruangan Anda. Hindari warna yang terlalu kontras karena membuat ruangan tidak nyaman dan menciptakan terlalu banyak pemfokusan pada tempat yang minim.

Biasanya rumah minimalis hanya memilih satu warna saja yang mendominasi seluruh ruangan dan warna tersebut merupakan warna pastel yang netral dan terang, seperti putih atau abu-abu muda.

  1. Menggunakan jasa desainer interior

Jika Anda tidak ingin repot-repot berpikir tentang konsep desain interior dan perabotan, Anda dapat mempercayai jasa desainer interior. Desainer interior akan membantu Anda menghias rumah sesuai dengan budget dan selera Anda, termasuk pemilihan furniture yang membuat rumah memiliki nilai estetika dan lebih nyaman.

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *