Jangan Terlewat! Beberapa Kesalahan Fatal Bangun Rumah

Tentunya dengan membangun rumah, kita ingin menciptakan rumah yang aman dan nyaman bagi anggota keluarga untuk hidup di alam. Untuk itu, sangat penting untuk merencanakan dengan cermat setiap elemen rumah, mulai dari pondasi hingga dinding rumah. Tidak hanya memilih bahan terbaik, memilih pengrajin yang terampil juga perlu dipertimbangkan dengan matang.

 Anda tentu tidak ingin rumah Anda dikerjakan oleh tukang yang kurang mumpuni di bidangnya.  Ini Beberapa kesalahan fatal saat akan membangun rumah, yuk apa saja itu? yang mungkin pernah kamu alami sendiri. 

Pondasi Yang Kurang Dalam

Dalam sebuah bangunan, pondasi merupakan bagian yang sangat penting, karena fungsi pondasi adalah untuk menahan beban bangunan yang berada di atasnya. Idealnya, pondasi harus mencapai tanah yang keras agar lebih stabil. Meskipun demikian, banyak ditemukan rumah dengan penempatan pondasi yang salah, seperti mengabaikan tekstur tanah dan hanya mengandalkan pengalaman yang jauh dari ilmu  studi sipil.  

Akibat yang ditimbulkan dari pondasi yang kurang kokoh di antaranya : 

  • Bangunan kurang kokoh dan stabil 
  • Dinding pecah dan pondasi amblas karena terjadi pergerakan dasar bangunan Keruntuhan
  •  Bangunan akibat dari pondasi yang tidak bisa menahan beban bangunan. 

Pembuatan Tulang Besi Yang Kurang Tepat

Dalam membuat dinding beton besi memiliki peranan yang sangat penting sehingga ada perhitungan khusus dalam pemilihan dan pemasangan besi tulangan. 

Namun tak sedikit juga orang yang mengabaikan hal ini dan hanya membangun sesuai perkiraan saja. Beberapa kesalahan dalam tulangan besi diantaranya adalah:

  • Diameter besi yang tidak sebanding dengan beban
  •  Tidak memperhatikan jarak sengkang 
  • Jumlah besi tidak sesuai Ikatan kurang kuat
  •  Tidak menggunakan tekuk pada ujung sebagai pengait   
  • Akibatnya bangunan menjadi kurang kokoh, kolom melengkung dan terjadi keretakan pada bangunan.

Kolom Tidak Lurus Keatas

Untuk menempuh beban bangunan kolom sebaiknya lurus ke atas. Karena lumayan menguras waktu, kolom mungkin dibuat dengan tergesa-gesa sehingga posisinya tidak lurus. Beberapa kesalahan adalah asal membuat bekisting untuk kolom, baik kolom praktis maupun kolom struktur. Hal ini dapat menjadi masalah besar ketika ring balok atau balok struktur tidak tepat menumpu pada kolom.

Baca Juga :Prinsip penting rumah tahan gempa 

Balok Yang Tidak Menumpu Pada Kolom

Kesalahan fatal pada bangunan adalah ditemukannya balok yang bertumpu pada dinding atau hanya dikaitkan dengan ring balok pengikat dinding. Jika hal ini terjadi pada bangunanmu, tentunya akan sangat beresiko dan dapat menyebabkan bangunan menjadi runtuh.

 

Pasang Dinding Yang Miring

Dalam pemasangan dinding bata harusnya lurus dan tidak bergelombang karena hal ini dapat mempengaruhi kekuatan dinding dalam menahan beban. Pemasangan dinding yang tidak lurus dapat dilihat dari sering dijumpainya sudut ruangan yang tidak siku saat pemasangan keramik. 

Membutuhkan tenaga ahli di bidangnya untuk melakukan pemasangan dinding, untuk itu sebaiknya carilah tukang atau pemborong yang kompeten sehingga terhindar dari masalah ini. Maka kami horizon group membangun rumah dengan tenaga yang profesional dan berpengelaman. 

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

ARTIKEL TERBARU

Faizal Thoriq M

Faizal Thoriq M

Editor At Horizon Group.

Hesti Septyana

Hesti Septyana

Copywriting At Horizon Group.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *