Desain Interior Rumah Terfavorit Di Indonesia

Memiliki rumah dengan desain yang cantik dan menawan merupakan salah satu hal yang diimpikan oleh setiap orang. Berbeda dari masa lalu, desain interior rumah saat ini telah mengalami perkembangan dan memiliki banyak jenis yang berbeda. Selain rumah, desain interior yang ada juga bisa diterapkan pada bangunan lain seperti hotel, kafe, homestay atau masih banyak lainnya.

Namun perlu anda ketahui bahwa ilmu arsitektur memiliki 7 prinsip dasar dalam mendesain sebuah bangunan. Sebelum membangun rumah, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu apa saja prinsip dasar dalam perancangan arsitektur sebuah bangunan. Tujuannya adalah untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang desain yang benar-benar Anda inginkan. Berikut adalah 7 prinsip desain arsitektur:

  • Keseimbangan (Balance)
  • Irama (Accentuation & Rhythm)
  • Point of Interest atau Focal Point
  • Skala (Scale)
  • Proporsi (Proportion)
  • Komposisi (Sequence)
  • Kesatuan (Unity)

Ketujuh prinsip ini akan lebih mudah Anda terapkan dengan bantuan jasa desain arsitektur yang ahli dan profesional. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan desain interior yang tepat untuk bangunan yang Anda miliki. Karena tidak semua orang bisa mendesain sesuai dengan keinginan Anda.

 

Jenis Desain Interior Rumah

Ada berbagai jenis gaya interior yang bisa Anda terapkan pada rumah Anda, tinggal disesuaikan dengan selera dan kesukaan Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai elemen prinsip desain arsitektur agar tampilan interior Anda semakin cantik dan menawan. Berikut berbagai jenis desain interior yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

1. Desian Interior Kontemporer

Jenis interior rumah yang pertama adalah gaya kontemporer. Desain unik ini memadukan konsep masa kini dengan konsep masa depan. Kombinasi ini dapat menghasilkan nada yang lebih hangat dan lebih dingin. Perpaduan ini membuat ruangan semakin cantik dan elegan.

Saat ini banyak orang yang mulai menggunakan desain interior jenis ini karena dianggap membawa kenyamanan. Kenyamanan ini hadir dari tampilan ruangan yang lebih rapi dan bersih. Unsur warna yang digunakan juga netral sehingga lebih enak dipandang mata. Untuk desain unik ini, Anda tidak perlu menggunakan perhiasan yang rumit.

2. Desian Interior Vintage

walaupun terlihat klasik, desain ini masih sangat digemari masyarakat. Kesan jadul atau antik terpancar dari beberapa perabot yang catnya sengaja disobek. Biasanya interiornya menggunakan material kayu.

Sedangkan untuk penggunaan warna, desain klasik ini akan didominasi oleh warna-warna lembut. Misalnya, kuning muda, merah muda muda, abu-abu muda, dll. Lalu untuk polanya, klasik gunakan sedikit motif floral seperti pada bantal sofa atau yang lainnya.

3. Desian Interior Svandinavia

Desain selanjutnya adalah gaya Skandinavia, gaya ini sering menekankan penggunaan warna putih. Selain itu, desain yang unik ini juga memadukan berbagai unsur alam, seperti penggunaan kayu, baja, plastik dan lain-lain.

Menggunakan desain ini akan membuat ruangan lebih hangat dan sederhana, namun juga akan terlihat lebih elegan. Biasanya orang menggunakan desain ini karena ingin tampil sederhana namun tanpa kehilangan keindahan.

4. Desian Interior Minimalis

Inilah gaya desain interior yang sangat populer saat ini. Desain minimalis ini membuat berbagai komponen menjadi sangat sederhana dan tidak rumit sehingga membuat semua orang merasa lebih nyaman. Biasanya desain minimalis ini lebih disukai oleh orang-orang yang profesinya tidak besar dan hanya membutuhkan sedikit barang.

Desain minimalis didominasi warna netral seperti putih, hitam dan abu-abu. Kapasitas ruangan yang sempit akan lebih cocok jika menggunakan desain ini, karena rumah tidak memerlukan banyak hal dan menimbulkan efek ruangan terkesan lebih luas.

Baca Juga : Tips memilih furniture rumah terbaik sesuai konsep interiormu 

4. Desian Interior Industrial

Untuk desain interior rumah yang satu ini terinspirasi dari interior gudang industri. Sehingga material yang digunakan kebanyakan menggunakan besi. Pada bagian lantainya, desain ini menggunakan beton. Kemudian untuk bagian langit-langitnya menggunakan baja. Desain industrial didominasi oleh warna abu-abu dan hitam. Bahkan di luar negeri, banyak orang yang merenovasi bangunan untuk mendapatkan nuansa industrial yang lebih kental.

5. Desian Interior Bohemian

Jenis desain interior selanjutnya adalah gaya bohemian. Gaya ini sangat cocok untuk jiwa bebas. Hal itu bisa Anda tunjukkan melalui desain interior ini. Ciri penting dan khas dari desain bohemian adalah penggunaan permadani dan kain. Penggunaan warna juga lebih berani, seperti perpaduan warna merah dan hijau.

6. Desian Interior Victorian

Desain Victorian ini akan semakin menonjolkan kesan mewah dan megah. Biasanya, penggunaan desain ini lebih banyak digunakan pada bangunan bergaya Eropa. Desain ini juga dilengkapi dengan dekorasi seperti lukisan, lampu gantung yang mewah dan lain-lain.

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *