Penyebab Korsleting Listrik, Banyak Menyebabkan Kebakaran!!

Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya, hal tersebut masih sering tidak diperhitungkan saat digunakan, terutama dalam hal keamanan. Memang, hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya korsleting listrik pada rumah Anda.

Kurangnya pengetahuan tentang penyebab korsleting listrik di rumah meningkatkan risiko kerugian yang lebih besar. Salah satunya bisa menjadi penyebab kebakaran yang ganas. Jadi apa yang kita maksud dengan korsleting listrik? 

Korsleting listrik atau hubungan arus pendek ini dapat terjadi karena adanya hubungan langsung antara konduktor negatif dengan positif. Penyebab korsleting listrik di rumah tersebut bisa timbul karena adanya penyambungan kabel yang tidak memperhatikan kutub-kutub listrik, atau karena adanya konduktor listrik yang tidak tertutup dengan bahan isolator sehingga bersentuhan dengan tidak sengaja.

Tapi sebenarnya, masih banyak penyebab korsleting di rumah lainnya yang perlu diketahui. Pasalnya, penyebab korsleting listrik di rumah tidak hanya dari kesalahan instalasi, namun bisa dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang kurang memperhatikan sisi keselamatan. Berikut beberapa penybabnya :

Penyebab Korsleting Listrik

1. Masalah Pada Instalasi Listrik 

Penyebab paling umum terjadinya korsleting di rumah bisa karena instalasi listrik yang kurang tepat sehingga sangat mungkin menyebabkan korsleting di rumah. Sebaiknya hubungi penyedia jasa instalasi listrik yang berkompeten di bidang ini.

Penyedia jasa harus memiliki bukti kompetensi berupa Certificate of Performance (SLO). Namun, tidak semua penyedia layanan ini memiliki sertifikat Aktivitas yang layak. Namun, minimal penyedia jasa instalasi listrik harus terdaftar sebagai anggota Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia atau disingkat AKLI. 

2. Kabel-Kabel Rusak 

Kondisi lingkungan terkadang merusak kabel yang digunakan pada instalasi listrik. Misalnya, selubung kabel telah terkelupas karena gigitan tikus, atau mungkin tertimpa lemari pakaian.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan secara rutin terhadap status instalasi listrik di rumah. Jika ternyata kabelnya longgar dan berpotensi menyebabkan korsleting di rumah Anda, sebaiknya Anda membungkusnya dengan pipa listrik khusus yang tersedia di banyak toko peralatan listrik. Atau, jika benar-benar buruk, Anda harus menggantinya. Kemudian tentunya perlu untuk selalu mengupdate instalasi listrik rumah minimal 5 tahun sekali. 

Baja Juga :Tips Mencegah Korsleting Listrik

3. Colokan Listrik Menumpuk 

Selain itu, kemungkinan penyebab lain dari korsleting di rumah adalah terlalu banyak T-kontak atau sejenisnya yang menumpuk di stopkontak. Dikhawatirkan penumpukan pada stop kontak listrik akan menyebabkan listrik menjadi panas, kemudian panas tersebut akan terperangkap dan akhirnya menyebabkan korsleting. 

4. Alat Listrik Terkena Cairan 

Alat atau catu daya yang bersentuhan dengan cairan bisa menjadi salah satu penyebab korsleting di rumah. Oleh karena itu, tempatkan benda-benda yang dapat berisi cairan seperti tempat minum, akuarium, mesin cuci piring, mesin cuci dan masih banyak lagi tempat lain di dalam rumah yang berpotensi menimbulkan percikan sejauh mungkin dari peralatan atau sumber listrik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

5. Alat listrik Dekat Sumber Panas

Selain penyebab cairan, paparan panas yang ekstrim juga bisa menjadi salah satu penyebab korsleting di rumah. Sumber listrik yang terkena panas berlebihan dapat menyebabkan percikan api. Oleh karena itu, peralatan listrik harus dijauhkan dari sumber panas seperti kompor, dll. 

6. Sambungan Kabel Tidak Rapi

Selain instalasi listrik yang buruk, perawatan sambungan kabel yang kurang baik juga dapat menyebabkan korsleting di rumah Anda. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar perlu menyambungkan kabel, Anda harus menyambungkannya dengan rapi, bahkan saat disolder atau diisolasi. Tujuannya tentu saja agar bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya korsleting. 

7. Kabel Tidak Sesuai Kapasitas

Saat itu, penyebab korsleting di rumah Anda adalah karena penggunaan diameter dan kapasitas kabel yang tidak sesuai dengan arus yang dibawanya. Padahal, ukuran kabel harus disesuaikan dengan besar arus yang akan lewat. Semakin besar arus, semakin besar kabel yang dibutuhkan. 

8. Stop Kontak Kendur 

Selanjutnya, penyebab korsleting listrik di rumah bisa karena kontak listrik kendur. Posisi colokan yang sudah tidak stabil akan berpotensi menimbulkan percikan api yang bisa menyebabkan hubungan arus pendek.

9. Komponen Listrik Tidak Standar

Selain itu, penggunaan komponen dan peralatan listrik yang tidak memenuhi standar yang ditentukan juga meningkatkan risiko terjadinya Korsleting. Oleh karena itu pencegahan yang paling tepat adalah dengan menggunakan berbagai peralatan listrik seperti kabel, stop kontak, saklar, dan perangkat yang memerlukan daya untuk beroperasi yang tentunya harus memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI), standar PLN (SPLN) dalam Hal-hal Kelistrikan dari Standar Lembaga (LMK). 

10. Sumber Listrik Ilegal

Lalu, penyebab korsleting listrik di rumah yang terakhir, karena ada penambahan daya secara ilegal atau memodifikasi KWH Meter sendiri. Hal ini tentu sangat tidak patut dicontoh dan ada baiknya tidak dilakukan.

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *