Penyebab Hawa Panas Pada Rumahmu, Yang Tidak Kamu Duga!

Sebagai tempat istirahat bagi setiap anggota keluarga setelah seharian beraktivitas, rumah perlu nyaman dan aman. Masalahnya, ada kalanya rumah menimbulkan hawa  panas dan pengap. Apalagi di awal musim kemarau, suhunya sangat panas. Menurut Anda apa yang membuat rumah terasa panas dan pengap?

Tidak jarang orang mengasosiasikan penyebab rumah keluarga dengan hal-hal mistis. Salah satunya karena ada makhluk halus yang juga tinggal di rumah kita. Sebenarnya anggapan itu tidak benar lo ya. 

Padahal, ada beberapa hal yang bisa membuat rumah panas dan pengap. Mulai dari elemen atap, warna cat dinding, minimnya tanaman hingga kondisi rumah yang berantakan.  Inilah Beberapa penyebab rumah menimbulkan hawa panas : 

Pengaruh Atap Rumah

Apakah rumah anda menggunakan seng sebagai material atap rumah? Jika iya, sangat masuk akal apabila rumah sangat terasa hawa panasnya dan pengap. Mengapa?

Material atap yang terbuat dari seng, asbes, dan berbagai material logam memiliki sifat menyerap panas matahari. Sehingga, ruangan di dalam rumah terasa lebih panas. Sebagai gantinya, gunakan genteng tanah liat untuk atap rumah agar hunian terasa lebih sejuk.

Plafon Yang Terlalu Rendah

Ini juga yang jarang orang sadari, plafon yang terlalu rendah bisa menyebabkan hunian terasa lebih panas, pengap, dan tidak nyaman.

Pasalnya, plafon yang rendah menyebabkan udara tidak dapat mengalir dengan baik. Alhasil menyebabkan suhu panas seakan terjebak di dalam ruangan. Idealnya, tinggi plafon rumah adalah 3 meter. Dengan begitu, hunian akan terasa lebih sejuk dan nyaman.

Minimnya Ventilasi

Ventilasi memiliki fungsi sirkulasi udara dalam ruangan. Hasilnya, kualitas udara menjadi lebih baik dan segar. Oleh karena itu, setiap rumah pasti memiliki sistem ventilasi, agar para penghuni merasa lebih sejuk dan nyaman.

Jika jumlah ventilasi di dalam rumah sedikit, sebaiknya dibuat lubang ventilasi yang baru. Misalnya dengan memasang skylight atau membuat jendela pada dinding kosong di atas. 

Warna Chat Dinding Yang Gelap

Penyebab rumah terasa panas dan pengap selanjutnya mungkin karena salah memilih warna cat tembok. Warna cat dinding yang gelap dapat menghadirkan hawa panas di dalam rumah. Ini karena warna gelap menyerap panas di dalam ruangan.

Alih-alih menggunakan warna gelap, cobalah mengecat dinding dengan warna putih, kuning, krem, dan biru. Pemilihan warna cat dinding yang terang membuat rumah lebih sejuk meski tanpa AC. 

Baca Juga : Pertimbangan ketika menggunakan kusen kayu 

Kondisi Rumah Yang Tertutup

Jarang membuka pintu, atau sering membiarkan rumah dalam kondisi tertutup? Tidak heran kalau hunian sering terasa panas dan pengap. Mengingat, sirkulasi udara yang buruk menyebabkan rumah terasa pengap dan sumpek.

Biasakan membuka pintu dan jendela setiap pagi hari, agar udara segar dan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Apabila sinar matahari terlalu terang dan panas, Mama Papa bisa memasang tirai pada jendela supaya udara tetap sejuk di siang hari.

 

Rumah Yang Berantakan

Kondisi rumah yang terlalu banyak barang dan berantakan juga dapat menyebabkan ruangan terasa panas. Hawa panas ini juga akan semakin parah apabila ruangan cenderung sempit, namun ada banyak barang yang menumpuk.

Maka dari itu, usahakan untuk menyingkirkan berbagai barang yang tidak digunakan. Tata kembali seluruh barang di dalam rumah agar lebih rapi, serta bebas panas dan pengap.

Tidak Adanya Tanaman

Minimnya jumlah tanaman di rumah bisa menyebabkan hunian terasa panas dan pengap. Tidak ada salahnya kok coba letakkan beberapa tanaman hias di dalam rumah, supaya rumah terasa lebih asri, sejuk, dan segar.

Ada banyak tanaman hias yang bisa membuat rumah terasa lebih sejuk di antaranya rubber plant, palem, lidah mertua, dan spider plant. 

Pengaruh Elektronik Terhadap Hawa Panas

Ternyata banyaknya benda elektronik yang digunakan juga bisa menyebabkan rumah terasa panas, lo! Beberapa alat elektronik yang dapat menghasilkan panas dan bersuhu tinggi antara lain: televisi, komputer, laptop, hingga charger yang dibiarkan mencolok padahal tidak digunakan.

Disarankan untuk menggunakan alat elektronik dengan bijak, guna menurunkan suhu panas di dalam rumah. Tak kalah penting, hentikan kebiasaan membiarkan seluruh elektronik menyala saat tidak digunakan. 

Ini beberapa penyebab hawa panas yang berlebih di rumahmu, mana yang masih kamu lakukan dirumahmu? yuk ciptakan kenyamanan rumah dirumah. 

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *