Kamu Belum Tahu Apa Itu Plumbing? Yuk Mimin Kasih Tahu

Apa itu plumbing? Mengapa sebuah bangunan memerlukan plumbing? Plumbing adalah suatu sistem yang memampukan air mengalir ke seluruh area bangunan. Bayangkan jika rumah Anda tidak memiliki sistem plumbing yang mengalirkan air ke seluruh rumah, Anda pasti tidak bisa menggunakan air di toilet, dapur, atau area lainnya.

Sekilas penjelasan ini sudah sedikit memberi tahu kita betapa pentingnya plumbing dan mengapa setiap bangunan membutuhkannya. Untuk memahami plumbing lebih lanjut, Anda bisa membacanya di bawah ini.

Apa Itu Plumbing?

Plumbing adalah sistem instalasi pipa yang fungsi utamanya menyediakan air bersih dan mendistribusikan air ke area yang ditentukan. Plumbing juga memiliki fungsi lain yaitu menyediakan sistem pengolahan limbah agar tidak mencemari lingkungan. Sederhananya, plumbing adalah sistem perpipaan yang harus ada di setiap bangunan.

Perpipaan berarti berurusan dengan semua pemeliharaan dan pemasangan setiap pipa yang terpasang. Tidak Adanya plumbing berarti tidak ada air yang bisa menjangkau seluruh area bangunan, baik itu air bersih maupun aliran limbah untuk pembuangan. Begitu pula karena tidak ada air di dalam rumah, semua aktivitas bisa terganggu. 

Prinsip Instalasi Plumbing.

Dalam proses instalasi pipa di sebuah bangunan, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan. Mengimplementasikan prinsip-prinsip ini penting supaya struktur pipa tidak mengganggu proses konstruksi dan begitu juga sebaliknya.

1. Mengikuti Denah Bangunan 

Sebelum memasang pipa, penting untuk melihat denah bangunan. Melihat denah bangunan akan memastikan bahwa pipa berada di tempatnya. Jika pemasangan pipa dilakukan sembarangan atau tidak sesuai denah, kemungkinan terjadinya kebocoran sangat tinggi dan struktur bangunan tidak akan sekuat yang seharusnya. 

2. Perlindingan Kontruksi 

Masih berhubungan dengan poin pertama, pemasangan pipa yang tidak baik dapat merusak struktur bangunan tersebut. Bisa saja bangunan tersebut berdiri, namun dalam 2-5 tahun ke depan semua struktur akan goyah. Jadi pemasangan plumbing juga harus mementingkan dan memperhatikan perlindungan konstruksi bangunan. Untuk memastikan bangunan dapat berdiri kokoh, perlu ditambahkan selubung pada area-area yang akan ditembus oleh pipa.

3. Perlindungan Pipa

Tidak hanya struktur konstruksi yang harus diperhatikan, tetapi juga pipa. Percuma saja bila struktur bangunan diperkuat tetapi sistem pipa jadi berantakan. Jika ini terjadi, sistem pipa yang bermasalah akan merusak struktur kokoh yang sudah dibuat sedemikian rupa.

Dengan begitu semua usaha perlindungan pun sia-sia. Oleh karena itu sistem pipa yang telah dipasang juga harus diberi perlindungan. Lapisan untuk melindungi pipa bisa dilakukan dengan memberi lapisan cat atau aspal.

4. Perencanaan Sistem Pembuangan 

Sempat disebut di awal bahwa sistem plumbing juga memiliki fungsi sebagai sistem pembuangan limbah. Pada prinsip ini, pipa untuk pembuangan limbah perlu memiliki kemiringan yang sama atau lebih besar dari diameter pipa. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada yang tersumbat di dalam pipa dan terhindar dari risiko turbulensi aliran.

Baca Juga : Penyebab Korsleting Listrik

Fungsi Plumbing

Pada kebanyakan kasus, plumbing adalah instalasi yang dibuat demi kelancaran distribusi air. Bukan hanya itu, sistem plumbing punya fungsi lain pada konstruksi bangunan yang Anda buat. Adapun sejumlah fungsi plumbing lain yang perlu diketahui adalah:

  1. Menyediakan akses pembuangan air kotor (sisa limbah, cucian, atau air hujan)
  2. Memenuhi kebutuhan pasokan air bersih bagi penghuni yang menetap pada bangunan tempat tinggal tersebut
  3. Membuat gedung atau hunian menjadi lebih nyaman untuk ditempati
  4. Menyediakan distribusi aliran air
  5. Menjaga siklus udara dalam gedung
  6. Fungsi sampingan sebagai pencegah kebakaran
  7. Menghindari pencemaran dalam ruma

Pembangian Sistem Plumbing

Sistem plumbing adalah satu kesatuan dari beberapa instalasi sistem lainnya. Pada kebanyakan pemasangan, setidaknya ada lima pembagian plambing yang diterapkan yaitu:

Ventilasi
Dalam memasang ledeng pada gedung, kelancarannya akan dipengaruhi oleh perputaran udara dalam rumah atau gedung. Dengan sistem ventilasi, perputaran udara akan terjadi dengan baik. Sehingga tidak ada sumbatan dalam pembuangan air bekas atau kotor.

Instalasi Air Bersih
Selanjutnya, ada juga instalasi plumbing untuk air bersih. Fungsinya adalah menyediakan akses pasokan air bersih untuk berbagai keperluan penghuni seperti mencuci, mandi, dan memasak.

Instalasi Air Hujan
Umumnya pipa plumbing adalah sarana yang digunakan untuk distribusi air hujan. Sebab instalasi pipa yang satu ini dilakukan demi menghindari munculnya genangan dan kerusakan bangunan akibat air hujan.

Instalasi Air Bekas
Salah satu fungsi plumbing adalah sebagai jalan keluarnya air bekas. Beberapa contohnya adalah air bekas mandi, cuci piring di wastafel, dan sebagainya. Aliran instalasi ini biasanya langsung di buang ke tanah.

Instalasi Air Kotor
Berbeda dengan air bekas, biasanya limbah yang termasuk dalam jenis ini adalah air yang terkontaminasi minyak atau bekas buang air. Alirannya harus dibuat khusus dengan mengarahkan pipa ke septic tank.

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *