Inspirasi Taman Rumah Agar Lebih Estetik

Salah satu cara untuk menciptakan rumah yang sehat adalah dengan memiliki banyak taman rumah dan tumbuh-tumbuhan. Taman dan tumbuh-tumbuhan berguna untuk membantu mengatur lalu lintas, suhu, dan kelembapan. Memiliki taman di rumah sangatlah penting karena akan membuat udara segar, asri, segar dan bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental penghuni rumah.

Dari segi psikologis, taman dan vegetasi juga bisa menjadi cara relaksasi untuk menghilangkan stres dan penat, sehingga baik untuk kesehatan mental Anda.

Anda bisa membuat rumah dan tanaman di beberapa sudut rumah yang kosong, misalnya bagian belakang rumah, teras depan atau ruang lain di dalam rumah. Meski memiliki ruangan kecil, Anda bisa memaksimalkan ruangan atau lahan di taman minimalis yang asri. 

Vertikal Garden

Jika Anda memiliki ruang terbatas tetapi ingin membuat taman, desain taman vertikal sangat cocok untuk taman rumah Anda. Anda bisa menanam succulents, bloodstone atau pakis di dinding.

Selain dinding, Anda juga bisa meletakkan beberapa tanaman gantung di pagar dan atap. Terkadang salah satu sisi pagar digunakan untuk memarkir kendaraan seperti mobil, sepeda motor atau sepeda, maka sisi lainnya bisa anda manfaatkan untuk membuat mini vertical garden.

Sebaiknya gantungkan pot-pot kecil agar bebannya tidak terlalu besar. Berkebun vertikal adalah cara yang paling sederhana, bisa Anda terapkan langsung di rumah. 

Baca Juga : Cara mengatasi rumah yang terasa panas

A Little Garden In a Terrarium

Anda bisa menanam sukulen atau tanaman berbunga lainnya di dalam pot atau terarium. Ukurannya yang kecil memungkinkan untuk menempatkan taman ini di mana saja, seperti di atas meja atau digantung asalkan selalu mendapat manfaat dari pencahayaan yang optimal.

Meski mini, terarium bisa memberi dampak besar di rumah Anda. Pandangan Anda akan lebih segar dan rumah Anda serta penghuninya tentu akan lebih sehat.

Bentuk terarium bermacam-macam, ada yang bulat, persegi panjang, atau segitiga yang bisa disesuaikan dengan gaya rumah minimalis Anda. 

Tropical Bathroom

Ciptakan taman kecil di kamar mandi dan Anda akan menikmati pengalaman mandi yang menyenangkan seperti di alam. Anda bisa menanam tanaman sintetis atau rhododendron, pakis Boston, atau bambu. Tentu udaranya akan sangat dingin bukan?
Desain kamar mandi cukup sederhana dengan hanya satu tanaman. Dan jangan lupa untuk merawatnya dari waktu ke waktu, teman-teman! 

Sleeping in Nature

Tidur dengan suasana seperti di alam? Tentunya hal ini bisa Anda lakukan dengan memperkenalkan beberapa tanaman tropis yang bisa hidup di lingkungan dengan minim cahaya.

Anda akan merasa seperti sedang berlibur dan Anda akan bangun setiap pagi dengan udara segar. Namun jika tanaman tropis terlalu banyak, Anda bisa menggantinya dengan taman mini. Cukup letakkan vas bunga kecil di rak. Tanamannya bisa lavender, ivy, fern, rosemary, pothole, atau lainnya sesuai selera.

Taman mini cocok untuk ruangan kecil yang tidak memiliki banyak ruang. Taman kecil dapat menambah gaya pada ruangan Anda.  

Taman Rumah Green Corner

Ubah sudut rumah menjadi taman agar ruangan lebih teduh. Anda cukup meletakkan beberapa pot tanaman kecil di rak. Konsep Green Corner cocok untuk Anda yang menginginkan taman indoor tanpa terlalu banyak sinar matahari.

Dinding di sudut ruangan akan membantu tanaman agar tidak terlalu banyak menerima sinar matahari langsung. Tentunya pilihlah tanaman yang hanya membutuhkan sedikit cahaya, seperti kaktus kecil. Anda bisa menyulap sudut ruangan ini menjadi tempat beristirahat, bersantai atau membaca buku dengan menambahkan sofa dan meja di dalamnya. 

Zen Retreat

Taman ala Jepang ini menambah rasa segar dengan gemercik air dari pancuran bambu. Anda dapat menambahkan maple Jepang, pohon ceri, pakis, pinus hitam, linden, dan lainnya di sekitar kolam untuk membuat taman Anda lebih sejuk dan lembut.

Zen Retreat menghadirkan konsep taman minimalis. Taman adalah tempat yang sempurna untuk meditasi atau meditasi pribadi  

Mini Garden

Anda bisa membuat taman mini di belakang atau di depan teras. Jika ada lahan yang cukup luas, tanamlah rumput hias, baik sintetis maupun tidak. Ada juga opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan, yakni memasang lantai kayu untuk menambah kesan estetik dan intim. Kemudian selesaikan dengan pohon-pohon kecil di sekitarnya. Anda juga bisa menambahkan bonsai yang menarik atau tanaman berukuran sedang. Jika Anda tidak menginginkan taman yang kotor dengan banyak daun kering, gunakan tanaman yang tidak terlalu berdaun seperti beberapa kaktus. Pastikan tanaman di taman rumah sesuai dengan preferensi Anda.

Juga, tambahkan beberapa item untuk menghias taman, seperti batu dan balok untuk jalan paving dan patio. Untuk memperindahnya, tambahkan pot bunga di sampingnya. Penggunaan batu-batu kecil juga bisa digunakan untuk pijat refleksi kaki. Kolam ikan juga bisa menjadi pilihan yang bagus bagi Anda yang suka memelihara ikan. Bisa juga menambah kesan lebih natural dengan adanya ikan dan suara air. Tempatkan tanaman yang rimbun di sekitar kolam agar ikan tidak kepanasan.

Untuk bersantai dan bersenang-senang bersama keluarga atau teman, Anda bisa menambahkan ayunan yang dilengkapi bangku kayu, meja, dan beton ekspos. Lampu kuning estetik juga bisa menambah kehangatan di malam hari. Anda bisa mengembangkan desain taman kecil sesuai dengan selera Anda. 

Ini beberaqpa inspirasi taman rumah dari kami, yuk ikuti terus artikel horizon group agar mendapatkan inspirasi dan tips rumah impian. 

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

ARTIKEL TERBARU

Faizal Thoriq M

Faizal Thoriq M

Editor At Horizon Group.

Hesti Septyana

Hesti Septyana

Copywriting At Horizon Group.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *