Cermati Pemasangan Lampu Rumah Yang Efisien!

Cara menata lampu di dalam rumah dengan baik merupakan hal yang penting. Cara menata lampu rumah sepertinya sulit tapi mudah. Sederhana saja, jika mengikuti moto “asalkan terang”, cukup atau tidaknya cahaya untuk menerangi aktivitas tidaklah penting.

Susah, ternyata aktivitas di rumah itu beragam dan masing-masing membutuhkan jenis cahaya yang berbeda. Jika penataan lampu sudah baik, maka keluaran cahaya akan optimal dan pada akhirnya dapat membuat Anda merasa nyaman. 

Namun sebaliknya, pencahayaan yang salah akan membuat mata cepat lelah. Efek pengaturan lampu dapat bervariasi tergantung pada pengaturannya. Misalnya, pencahayaan tidak langsung di dalam ruangan. Ada beberapa sistem pencahayaan untuk ruangan. Nah, untuk pencahayaan dalam ruangan yang optimal dan kebutuhan yang tepat, berikut 7 kemungkinan tata letak lampu. 

Gunakan lebih dari 1 Lampu

Dalam sebuah ruangan, pasti ada tiga tingkatan cahaya, yaitu penerangan umum yang fungsi utamanya untuk menerangi ruangan secara keseluruhan, biasanya dipasang di langit-langit atau di tengah ruangan.

Kemudian, pencahayaan khusus untuk menerangi fungsi-fungsi tertentu, misalnya lampu gantung di ruang makan dan lampu aksen yang fungsinya untuk menonjolkan benda-benda dekoratif di dalam ruangan seperti lukisan atau gambar di dinding. 

Pencahayaan di Ruang Keluaraga

Ruang tamu perlu memiliki penerangan umum karena di sinilah semua anggota berkumpul, mengobrol, dan bersantai. Pencahayaan umum akan meningkatkan relaksasi di ruang tamu. Tambahkan lampu lantai di sudut ruangan yang gelap atau di belakang pot bunga untuk menonjolkan keindahan tanaman 

Kesan Yang Luas

Untuk memanipulasi ruang, dinding pendek dapat dipasang dengan lampu vertikal. Cahaya akan menyebar dari atas ke bawah membuat ruangan tampak lebih tinggi. Untuk kesan yang lebih baik, pasang lampu lantai dengan lampu menghadap ke atas.

Langit-langit akan lebih ringan sehingga terlihat lebih jauh dari jangkauan. Tambahkan beberapa cermin karena hal ini dapat menduplikasi cahaya yang dihasilkan oleh lampu agar ruangan terlihat lebih luas 

Penataan Lampu Dapur

Agar suasana dapur semakin asri dan aktivitas memasak semakin nyaman, tambahkan lampu dapur kecil yang diletakkan di samping lampu utama.

Selain zona memasak yang lebih cerah, Anda juga bisa menggunakannya untuk membaca resep. Semakin lengkap lampu rumahmu. 

Baca Juga: Inspirasi taman agar terlihat estetik

Warna Lampu Di Kamar Tidur

Untuk kamar tidur sebagai tempat istirahat, gunakan lampu dengan pancaran warna kekuning. Tujuannya, lampu berwarna kuning akan membuat suasana di dalam ruangan menjadi lebih hangat dan enak dipandang. Selain nyaman di mata, pastikan pengoperasiannya mudah, seperti saat menyalakan atau mematikan lampu. 

Jumlah Lampu

Setiap 20-25m2 sebaiknya memasang 1 lampu umum dan pastikan dalam 1 ruangan tidak lebih dari 3 lampu khusus agar tidak menimbulkan silau. Agar tidak mengiritasi mata, sebaiknya sembunyikan lampu aksen karena cahayanya sangat kuat. 

Lampu Rumah di Ruang Tamu

Selain menempatkan lampu utama pada plafon untuk penerangan maksimal, tambahkan sconce/sconce dinding kuning pucat untuk kesan ekstra hangat. Anda juga bisa menambahkan lampu hias untuk menyorot aset ruang tamu seperti lukisan atau pajangan interior lainnya.

Inilah beberapa tipsa dalam peletakan lampu rumahmu, tentu kita mnginginkan hasil yang maksimal dengan modal yang minimal. 

Bagikan Postingan Ini:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *